Pelatihan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SD Negeri Kragilan 2

Authors

  • Dine Vita Ayu Setyaputri Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Isnaini Nur Ilma Fadilla Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Laelia Nurpratiwiningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Anis Santika Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.642

Keywords:

Literasi, numerasi, Sekolah Dasar

Abstract

Literasi dan numerasi merupakan hal yang penting bagi anak sekolah dasar dan merupakan salah satu program dalam Program Kampus Mengajar. Program ini dilaksanakan dari beberapa mahasiswa yang terpilih.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan mengipmlementasikan bentuk literasi dan numerasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan melalui observasi, dokumentasi dan ceramah. Pelatihan dilakukan dengan menyampaikan penjelasan terkait dengan jenis literasi, penerapan numerasi dalam kehidupan sehari dan menerapkan literasi dan numerasi dalam pembelajaran. Sasaran dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah peserta didik dari kelas I-VI di SD Negeri Kragilan 2. Hasil kegiatan dapat terlihat bahwa proses pengenalan dan implementasi literasi dan numerasi di SD Negeri Kragilan 2 dapat berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari peserta didik dapat memahami dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari=hari. Selain itu, terdapat peningkatan bagi peserta didik dapat membaca dan berhitung dengan lancar.

References

Herlina, D. (2017). Pelatihan Literasi Digital Untuk Guru Yayasan Edukasi Nusantara. In Staffnew.Uny.Ac.Id. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198805222015042002/pengabdian/LITERASI DIGITAL PPM.pdf

Herpratiwi, K.A., N., & Yulianti, D. (2009). Pelatihan Literasi Media dan Informasi Bagi Guru Tersertifikasi. Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 115–121.

Kurnianingsih, I., Rosini, & Ismayatu, N. (n.d.). Pelatihan Literasi Informasi di Era Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat. YARSI.

Lubis, S. S. W. (n.d.). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. 127–135.

Mumpuni, A., Nurbaeti, R. U., Purnomo, A., Sunarsih, D., Kurniawan, P. Y., Konilah, Ernilah, E., & Sukmawati, N. L. (2021). Pengelolaan Kegiatan GLS di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(2), 58–63. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/351

Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 113–121.

Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89–96.

Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2021). Pelatihan literasi dan numerasi guru matematika SMP bertipe asesmen kompetensi minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1, 1243–1248.

Tantri, A. A. S., Sutresna, I. B., & ... (2017). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Program Budaya Literasi di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Banjar. Seminar Nasional …, 441–448. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/download/1047/775

Theresia, S., & Kurniawan, H. (2020). Pelatihan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 45–52.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Setyaputri, D. V. A. ., Fadilla, I. N. I. ., Nurpratiwiningsih, L. ., & Santika, A. . (2022). Pelatihan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SD Negeri Kragilan 2. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 127–131. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.642

Issue

Section

Articles