Pelatihan Berhitung Cepat dengan Metode Jarimatika bagi Siswa Sekolah Dasar Desa Cigadung
DOI:
https://doi.org/10.46772/jamu.v3i02.918Keywords:
Pelatihan, berhitung, metode jarimatikaAbstract
Metode jarimatika merupakan teknik berhitung yang menggunakan jari tangan yang mudah dan menyenangkan. Cara yang dapat dilakukan oleh guru dengan mengubah pemikiran anak terhadap penilaian buruk terhadap pelajaran matematika yaitu dengan memberikan suatu metode pembelajaran matematika yang mudah dimengerti dan menyenangkan. Siswa kelas III SD Negeri Cigadung 02 masih kesulitan dalam mengoperasikan perhitungan dalam matematika terutama dalam operasi berhitung. Metode pembelajaran yang digunakan siswa dalam berhitung matematika dengan menggunakan metode sempoa. Dengan adanya pelatihan ini metode yang digunakan berganti menjadi metode jarimatika, sehingga siswa-siswi mampu mengerjakan soal operasi berhitung dengan mudah dan cepat. Metode jarimatika digunakan untuk mempersingkat waktu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan dapat digunakan tanpa biaya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang metode jarimatika dan untuk mendukung dalam proses belajar berhitung yang menggunakan jari tangan sehingga memudahkan dalam kegiatan menghitung yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa sekolah dasar. Untuk melaksanakan kegiatan ini digunakan dua metode pelatihan yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Dalam kegiatan pelatihan jarimatika menggunakan tiga tahap yaitu tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.
References
Danuri, & Nugroho, W. (n.d.). Pelatihan Jarimatika bagi Guru dan Siswa SDN Donotirto Kasihan Bantul. Jurnal Berdaya Mandiri. 308–313.
Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Humairah, H., Rismawanda, R., Khamidah A, Z., Mubarok, M. S., & Saud, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan). JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 8–13. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.487
Irmayanti, Jurnianti, Hidayah, N., Mirna., & Islamiah, N. (2022). Pendampingan Belajar Matematika Metode Jarimatika di Taman Baca Karlos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 184–188.
Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 390–398. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/293
Manokwari, S. M. (2022). Pengabdian pada Masyarakat Siswa SD di Arfai Jurnal Cemerlang. Jurnal Cemerlang : 4(2), 184–192.
Rahmatullah, B. S., & Suwarjo, S. (2016). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11429
Ratna, W,. & Fadillah, L. (2019). Pengenalan Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Berhitung Permulaan di TK Negeri Pembina. Kajian Semantik Peristilahan Adat dalam Upacara Perkawinan Batak Toba, 6(02). 2–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/37427/75676583928
Setyaputri, D. V. A., & Fadilla, I. N. I. (2022). Pelatihan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SD Negeri Kragilan 2. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 127–131. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/642
Sitio, T. (2017). SDN 03 Tagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Logaritma, 6(September), 146–156.
Suparni, S. (2018). Efektifitas Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian bagi Anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 45. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1273
Wahyuni, S., & Rahmadhani, E. (2021). Pelatihan Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Lu Tawar. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2), 84–88.