Pengembangan Lagu Anak Berjudul "Kembali ke Sekolah" dan "Tebak Binatang"

Authors

  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Riris Setyo Sundari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.1022

Keywords:

pengembangan, lagu anak

Abstract

Fenomena yang terjadi zaman sekarang anak-anak lebih banyak menyanyikan lagu orang dewasa atau lagu barat. Hal ini tidak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, baik dari aspek fisik, emosi, kecerdasan, maupun sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lagu anak dalam kumpulan lagu anak-anak untuk TK dan SD karya mahasiswa PGTK IKIP PGRI Semarang dengan editor Drs. Slamet Raharjo. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan penyesuaian kondisi dan waktu, sehingga tahap yang dilakukan adalah studi pendahuluan, planning, mengembangkan rancangan, melakukan tes lapangan awal, dan revisi produk. Berdasarkan analisis pendahuluan diperoleh hasil bahwa kumpulan lagu anak-anak karya mahasiswa PGTK IKIP PGRI Semarang sesuai dengan karakteristik siswa TK dan SD dan membutuhkan aransemen ulang untuk notasi dan lirik. Hasil penelitian ini adalah 1) proses pengembangan lagu anak yaitu perubahan pada lirik yang disesuaikan dengan kondisi sekarang dan tema lagu anak, perubahan beberapa notasi lagu, penambahan intro dan interlude, serta produksi lagu menjadi audiovisual; 2) lagu anak “Kembali ke Sekolah” dan “Tebak Binatang” termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,3. Orang tua dan Lembaga Pendidikan perlu memperhatikan berbagai lagu yang didengarkan anak-anak. Lagu anak memiliki pengaruh positif bagi perkembangan anak.

Author Biography

Wawan Priyanto, Universitas PGRI Semarang

PGSD

References

D. N. Ashobah, R. U. Nurbaeti, and M. Toharudin, “Analisis minat belajar siswa laki-Laki kelas V dalam pembelajaran seni tari (studi kasus Di SDIT Nurul Hidayah Brebes),” J. Kontekst., vol. 01, no. 1, pp. 39–44, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/57.

S. Sinaga, “Pemanfaatan dan pengembangan lagu anak-anak dalam pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini / TK,” Harmon. - J. Arts Res. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 1–15, 2010, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/55.

S. Sutjipto, “Acuan pendidikan karakter di satuan pendidikan,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 17, no. 5, pp. 501–524, 2011, [Online]. Available: https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/45.

N. E. Putri and A. Ardipal, “Pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pengembangan karakter pada pendidikan anak usia dini di PAUD Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan,” Imaji, vol. 18, no. 2, pp. 114–120, 2021, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/30037.

P. Arisyanto, S. A. Prasetyo, M. F. A. Untari, and R. S. Sundari, “Pengembangan media pembelajaran tembang macapat berbasis android bagi mahasiswa PGSD UPGRIS,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1584–1592, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/945.

S. Raharjo, Lagu Anak-Anak untuk TK dan SD. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press, 2006.

E. P. Gradena, “Pemilihan lagu anak dan penerapannya sebagai pendidikan karakter berlandaskan fase perkembangan anak di usia sekolah dasar,” J. Seni Pertunjuk., vol. 5, no. 1, pp. 47–64, 2023, [Online]. Available: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/tmmt/article/view/7720.

N. L. Sustiawati, N. K. Suryatini, and A. A. A. M. Artati, “Pengembangan desain pembelajaran seni tari di sekolah dasar berbasis localgenius knowledge berpendekatan integrated learning,” Mudra J. Seni Budaya, vol. 33, no. 1, p. 128, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/110.

A. Hafiz, H. H. Irawan, M. R. Markarma, and Z. Muttaqin, “Pengembangan lagu anak-anak untuk belajar matematika kelas III dengan tema perkalian dan pembagian SDN 04 Masbagik,” J. Seni Pertunjuk., vol. 4, no. 1, pp. 62–68, 2021, [Online]. Available: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/tmmt/article/view/4380.

U. Cahyaningsih and I. M. Sofyan, “Pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di SD,” J. Ilm. Kontekst., vol. 02, no. 02, pp. 77–83, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/400

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Arisyanto, P., Priyanto, W., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2023). Pengembangan Lagu Anak Berjudul "Kembali ke Sekolah" dan "Tebak Binatang" . Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.1022

Issue

Section

Articles