Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD

Authors

  • Novi Yuliyanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Rizki Umi Nurbaeti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Nur Afifah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.242

Keywords:

Bahan ajar, saintifik, sikapi lmiah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah mahasiswa PGSD semester III pada mata kuliah Konsep Dasar IPA. Hal ini ditunjukan dengan ketuntasan hasil Ujian Tengah Semester  (UTS) sebesar 32,89%. Oleh karena itu, perlu perbaikan khususnya pada muatan bahan ajar yang digunakan dalam mata kuliah Konsep Dasar IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas bahan ajar berbasis saintifik terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa PGSD semester III Universitas Muhadi Setiabudi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan semester III kelas A sebagai kelas eksperimen dan semester III kelas B sebagai kelas kontrol. Uji one sample test digunakan untuk menguji efektivitas kedua bahan ajar. Analisis multivariate digunakan untuk mengetahui terdapatnya perbedaaan efektivitas kedua bahan ajar. Hasil penelitian menunjukan 1) Penggunaan bahan ajar berbasis saintifik dan bahan ajar biasa sama-sama efektif terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD, 2) terdapat perbedaan keefektifan antara kedua bahan ajar, 3) penggunaan bahan ajar berbasis saintifik lebih efektif dibandingkan bahan ajar biasa terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD.

Author Biographies

Novi Yuliyanti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Rizki Umi Nurbaeti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

Nur Afifah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

 

 

References

Daryanto, “Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013”, 2014, Gava Media, Yogyakarta.

Miarso, Y, “Menyemai Teknologi Pendidikan,” 2013, Kencana, Jakarta.

Purnomo, A, “Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A,” Jurnal Ilmiah Kontekstual, vol. 1, no. 1, pp. 7-17, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/53

Martiningsih, M., Pramana. S. R., Pudji, H. S, “Hubungan Keterampilan Generik Sains dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri ditinjau dari Domain Kognitif,”Jurnal Pendidikan Sains, vol. 6, no. 1, pp. 24-33, 2018 [Online]. Available: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/3209

Mumpuni, A & Masruri, MS, “Muatan Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II”. Jurnal Pendidikan Karakter. vol. 6, no. 1, pp. 17-28, 2016, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/10728

Machin, A, “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter, dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Tubuhan.”Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. vol. 3, no. 1, pp. 28-35, 2014, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2898

Mardiana, E, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.”PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 87-91, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19578

Musfiqon., Nurdyansyah, “Pendekatan Pembelajaran Saintifik”, 2015, Nizamia Learning Center, Sidoarjo.

Suhartati, “Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas X MAN 3 Banda Aceh”. Jurnal Peluang, vol. 4, no. 2, pp. 56-61, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5867

Yuliyanti, N, Supartono, Sudarmin,“Pengembangan Model Outdoor Learning Berbantuan Model Group Investigation Untuk Pengembagan Sikap Ilmiah”Journal of Primary Education, vol. 4, no. 2, pp. 152-158, 2015, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/10979/6691

Nurbaeti, RU &Sunarsih, D, “PengembanganModulPraktikum IPA BerbasisKurikulum 2013 untukMahasiswaPendidikan Guru SekolahDasar,” JurnalElementariaEdukasia, vol. 3, no. 1, pp. 109-116, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2115

Nurkhimayati, I & Jatisunda, MG, “Scientific Learning to Improve Critical Thinking Ability”, Jurnal Eduma IAIN Syekh Nurjati Cirebon, vol.7, no. 2, pp. 1-9, 2018, [Online]. Available: http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/3398

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Yuliyanti, N. ., Nurbaeti, R. U. ., & Afifah, N. . (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.242

Issue

Section

Articles