Pembelajaran Outdoor Activity Melalui Deklarasi Anti Hoaks Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Obim Firmansyah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
  • Martika Okta Mulia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal
  • Sesya Dias Mumpuni Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.396

Keywords:

pembelajaran,, kreativitas,, media sosial,, aktivitas,, alam

Abstract

Hoaks merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji karena dapat merusak mental generasi muda, terutama bagi mereka yang tidak mampu menganalisis kebenaran berita hoaks itu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peranan outdoor activity dalam menyiapkan peserta didik yang cerdas dan kompeten sehingga mampu membedakan antara informasi yang benar dan yang hoaks. Aktivitas masyarakat Desa Kepunduhan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal dapat dimanfaatkan sebagai tempat pembelajaran outdoor activity. Penelitian dilaksanakan melalui survey tentang aktivitas dan perilaku masyarakat sebagai tempat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pembelajaran outdoor activity melalui deklarasi anti hoaks, efektif sebesar 86% dalam memberikan pengaruh kepada peserta didik untuk memerangi berita hoaks. Sebanyak 55% responden memang masih mendengarkan berita yang banyak diperbincangkan, tetapi memilih untuk menganalisanya terlebih dahulu sebelum membicarakannya lagi pada orang lain. Sementara itu, sebanyak 40% peserta didik masih menggunakan smartphone untuk bermain sosial media dan membaca banyak berita didalamnya.

References

S. Y. Yuliani, M. F. Bin Abdollah, S. Sahib, and Y. S. Wijaya, “A framework for hoax news detection and analyzer used rule-based methods,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications, vol. 10, no. 10, pp. 403–308, 2019, [Online]. Available: https://thesai.org/Publications/ViewPaper?Volume=10&Issue=10&Code=IJACSA&SerialNo=55.

H. Septanto, “Pengaruh Hoax dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 2, 2018.

S. Ullmann and M. Tomalin, “Quarantining online hate speech: technical and ethical perspectives,” Ethics and Information Technology, vol. 22, no. 1, pp. 69–80, 2020, [Online]. Available: https://link.springer.com/article/10.1007/s10676-019-09516-z.

T. Trisna Astono Putri, H. S. Warra, I. Yanti Sitepu, and M. Sihombing, “Analysis and Detection of Hoax Contents in Indonesian News Based on Machine Learning,” Journal Of Informatics Pelita Nusantara, vol. 4, no. 1, 2019.

B. Huang et al., “Residential exposure to natural outdoor environments and general health among older adults in Shanghai,” International Journal For Equity in Health, vol. 18, no. 178, pp. 1–11, 2019, [Online]. Available: https://equityhealthj.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12939-019-1081-4.

N. Rotas, “Outdoor Play and Learning (OPAL): Activating ‘Loose Parts’ in Undisciplined Childhood Environments,” International Journal of Early Childhood Environmental Education, vol. 7, no. 1, 2019.

M. K. Song and K.-S. Bang, “A Systematic Review of Forest Therapy Programs for Elementary School Students,” Child Health Nursing Research, vol. 23, no. 3, pp. 300–311, 2017, [Online]. Available: https://www.e-chnr.org/journal/view.php?id=10.4094/chnr.2017.23.3.300.

S. Sahrakhiz, M. Harring, and M. D. Witte, “Learning opportunities in the outdoor school–empirical findings on outdoor school in Germany from the children’s perspective,” Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, vol. 18, no. 3, pp. 214–226, 2018, [Online]. Available: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/14729679.2017.1413404.

J. Alimuddin and E. I. Yatmi, “Pendekatan Kontekstual di Sekolah Alam Lukulo Kebumen,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 2, pp. 7–11, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/156.

S. Mardikarini, F. Hamdani, and C. Tyas, “Kegiatan Wisata Sampah untuk Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 58–65, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/163.

L. Nurpratiwiningsih and M. J. Maknun, “Pengaruh Globalisasi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Masyarakat,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 2, pp. 43–48, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/161.

V. A. Intanny and N. A. Putra, “Studi Eksperimen Peningkatan Literasi Media Sosial Humas Pemerintah Daerah (Experimental Study to Improve Social Media Literacy For Local Government Public Relations),” JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, vol. 21, no. 2, pp. 109–122, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/view/2531.

A. Rohim and A. T. Asmana, “Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning) dengan Pendekatan PMRI pada Materi SPLDV,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 5, no. 3, pp. 217–229, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/download/26062/18276.

S. Asiah, “Penerapan Metode Out Door Activity Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, vol. 2, no. 3, pp. 1–11, 2014, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12224.

Intan Trivena Maria Daeng, N. . Mewengkang, and E. R. Kalesaran, “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado Oleh,” e-journal “Acta Diurna,” vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15482.

A. Arwendria and A. Oktavia, “Upaya Pemerintah Indonesia Mengendalikan Berita Palsu,” Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, vol. 40, no. 2, pp. 195–206, 2019, [Online]. Available: https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/index.php/baca/article/view/484.

L. Saure, M. Rembang, and J. Londa, “Analisis Media Sosial Whats App Tentang Berita Berita Hoax Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado,” Jurnal Acta Diurna, vol. 7, no. 3, pp. 1–17, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/20395.

T. Suyanto, K. Prasetyo, P. Isbandono, I. M. Zain, I. P. Purba, and G. Gamaputra, “Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial,” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, vol. 15, no. 1, pp. 52–61, 2018, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/17296.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Firmansyah, O., Okta Mulia, M., & Dias Mumpuni, S. . (2021). Pembelajaran Outdoor Activity Melalui Deklarasi Anti Hoaks Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 44–52. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.396

Issue

Section

Articles