Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V

Authors

  • Fembriani Fembriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Melan Gewahi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univer

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.398

Keywords:

Probing-Prompting,, Hasil Belajar,, IPA

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan model  Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik  kelas V di SD Negeri Hueknutu Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. Penelitian adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain penelitian One–Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik keslas V SD Negeri Hueknutu yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model Probing-Prompting 61,3% lebih tinggi daripada persentasi nilai peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 25,8%. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16 dilakukan dengan uji paired sample t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000  < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Oleh sebab itu, model probing-prompting dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik.

References

M. Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

N. Yuliyanti, R. U. Nurbaeti, and N. Afifah, “Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/242.

S. S. Sahayu, I. N. Jampel, and I. N. L. Jayanta, “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 2, no. 3, pp. 321–328, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3560.

I. W. E. Swarjawa, M. Suarjana, and N. N. Garminah, “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu,” Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2013, [Online]. Available: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/825/698.

P. A. A. Hidayatullah, G. Raga, and L. P. P. Mahadewi, “Pengaruh Model Probing-Promting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V,” e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2014, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3560.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Bandung, 2013.

F. Fembriani, “Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 66–73, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/164.

M. L. Ilhamdi, D. Novita, and A. N. K. Rosyidah, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 49–57, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/162.

H. Elvandari and K. I. Supardi, “Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Siswa,” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol. 10, no. 1, pp. 1651–1660, 2016, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/6011.

A. Theriana, “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Nurul Amal,” Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, vol. 13, no. 01, pp. 12–26, 2020, [Online]. Available: http://journal.binadarma.ac.id/index.php/binabahasa/article/view/963.

A. Purnomo, “Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 01, no. 1, pp. 7–17, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/53.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Fembriani, F., & Gewahi, M. . (2021). Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 61–68. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.398

Issue

Section

Articles