Preferensi Modalitas Belajar Vark Siswa Sekolah Dasar Kelas III

Authors

  • Kristophorus Divinanto Adi Yudono Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister, Fakultas Bahasa dan Seni, Sanata Dharma University

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.480

Keywords:

gaya belajar VARK,, sekolah dasar,, kegiatan belajar

Abstract

Kegiatan belajar yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa, dapat membawa dampak negatif bagi proses belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan pola preferensi gaya belajar siswa, dan (2) memberikan rekomendasi kegiatan belajar yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner VARK 8.01 yang dimodifikasi agar sesuai untuk siswa sekolah dasar. Responden penelitian adalah 21 siswa kelas III yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beragam pola gaya belajar siswa, dengan 10 siswa bergaya belajar dominan visual [V], 5 siswa bergaya belajar dominan auditori [A], 1 siswa bergaya belajar dominan read/write [R], dan 1 siswa bergaya belajar dominan kinestetik [K]. Kelas III SD Pius Bakti Utama Kutoarjo didominasi siswa yang menyukai kegiatan belajar dengan melibatkan unsur penglihatan, seperti melihat gambar atau suatu tindakan. Meskipun demikian, guru perlu memfasilitasi seluruh gaya belajar siswa, dengan merancang kegiatan belajar yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar visual, auditori, read/write, dan kinestetik. Kegiatan yang memfasilitasi seluruh gaya belajar dapat diterapkan pada pembelajaran tematik integratif.

References

Kemdikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020. 2020.

U. Khair, “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI,” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 1, p. 81, 2018, [Online]. Available: http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/261.

A. Suhendra, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group, 2019.

B. Widharyanto, “Gaya belajar model vark dan implementasinya di dalam pembelajaran keterampilan Berbahasa Indonesia,” International Conference on Education, Language, and Arts, 2017, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/343190928_GAYA_BELAJAR_MODEL_VARK_DAN_IMPLEMENTASINYA_DI_DALAM_PEMBELAJARAN_KETERAMPILAN_BERBAHASA_INDONESIA.

C. Scott, “The enduring appeal of ‘learning styles,’” Australian Journal of Education, vol. 54, no. 1, pp. 5–17, 2010, [Online]. Available: https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/000494411005400102.

R. Zonash and I. Naqvi, “Personality traits and learning styles among students of mathematics, architecture, and fine arts,” Journal of Behavioural Sciences, vol. 21, no. 1, pp. 92–108, 2011, [Online]. Available: http://pu.edu.pk/images/journal/doap/PDF-FILES/V21_7.pdf.

W. Pangesti, Pentingnya memahami gaya belajar. Jakarta, 2018.

L. Robertson, T. Smellie, P. Wilson, and L. Cox, “Learning styles and fieldwork education : students ’ perspectives,” New Zealand Journal of Occupational Therapy, vol. 58, no. 1, pp. 36–40, 2011, [Online]. Available: https://search.informit.org/doi/10.3316/INFORMIT.909364510433552.

M. B. Firmansyah, “Multimodal conception in learning,” ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, vol. 2, no. 1, pp. 40–44, 2018, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jisllac/article/view/4140/2271.

N. D. Fleming and C. Bonwell, How Do I Learn Best? a Learner’S Guide To Improved Learning. New Zeland, 2019.

S. K. Sreenidhi and H. Tay Chinyi, “Styles of learning based on the research of Fernald, Keller, Orton, Gillingham, Stillman , Montessori and Neil D Fleming,” International Journal for Innovative Research in Multidisciplinary Field, vol. 3, no. 4, pp. 17–25, 2017, [Online]. Available: https://www.ijirmf.com/wp-content/uploads/2017/04/201704003.pdf.

N. W. Juliani, I. N. Murda, and I. W. Widiana, “Analisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2015/2016,” e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD V, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7494.

R. A. Cabual, “Learning styles and preferred learning modalities in the new normal,” OALib, vol. 8, no. 4, pp. 1–14, 2021, [Online]. Available: https://www.scirp.org/journal/paperinformation.aspx?paperid=108297.

F. F. Payon, D. Andrian, and S. Mardikarini, “Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 2, pp. 53–60, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/397.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Yudono, K. D. A. . (2021). Preferensi Modalitas Belajar Vark Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 26–32. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.480

Issue

Section

Articles