Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397Keywords:
Keaktifan Belajar,, peserta didik,, IPAAbstract
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat memengaruhi keaktifan belajar peserta didik pada muatan IPA di kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas III dan kepala sekolah selaku pembina. Objek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Ngujung 2 Maospati. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa faktor-faktor internal yang memengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor- faktor internal yang memengaruhi keaktifan belajar yaitu faktor fisiologis berupa keadaan fisik (panca indra), faktor psikologis berupa perhatian, tanggapan, serta ingatan menjadi faktor pendukung keaktifan belajar peserta didik. Sedangkan keadaan jasmani menjadi faktor penghambat keaktifan belajar peserta didik. Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III adalah faktor nonsosial yaitu tempat dan fasilitas serta faktor sosial yaitu guru dan teman sebaya. Tempat, fasilitas, dan guru menjadi faktor pendukung keaktifan belajar peserta didik. Sedangkan teman sebaya menjadi faktor yang dapat mengganggu keaktifan belajar peserta didik.
References
N. Budiana and A. Mumpuni, “Pengembangan Materi Ajar Berbicara Berbasis Web untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI di SMA,” Semantiks, pp. 644–655, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/39412/26016.
N. Wibowo, “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari,” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol. 1, no. 2, pp. 128–139, 2016, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/10621.
S. Suarni, “Meningkatkan Kaktifan Belajar Siswa Pada Kompenensi Dasar Organisasi Pelajaran PKN Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor T.A 2014/2015,” Journal of Physics and Science Learning, vol. 01, no. 2, pp. 130–140, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/347.
U. M. Usman, Upaya Optimalisasi KBM. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
A. Hariandi and A. Cahyani, “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar,” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 353–371, 2018, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/10621.
M. Syah, “Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru,” Remaja Rosda Karya. Bandung, 2010.
M. Maradona, “Faktor- faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SD,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 17, no. 5, 2016.
L. J. Moleong, “Metode Penelitian Kualitatif (Issue Metode Penelitian Kualitatif),” Fip.Um.Ac.Id, vol. 2. p. 157, 2007, [Online]. Available: http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. Bandung, 2013.
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Slameto, “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.” Rineka Cipta, Jakarta, 2010.
U. Mabruroh, D. Sunarsih, and A. Mumpuni, “Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 58–68, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/250.
F. S. Wahid, M. A. Purnomo, and S. M. Ulya, “Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 38–42, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/247.
O. Ariyawong and T. Phongsatha, “The Student’s Self-Designed Learning Activities Influencing Their Learning Achievement: A Case Study of an English Tutorial Center in Krabi,” Jurnal Vision, vol. 4, no. 2, pp. 28–44, 2017, [Online]. Available: https://www.proquest.com/scholarly-journals/student-s-self-designed-learning-activities/docview/2384088988/se-2?accountid=201395.
F. Fembriani, “Model Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matakuliah Konsep Dasar IPA SD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 02, pp. 66–73, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/164.
M. Toharudin and A. Rukyat, “Model Pendampingan Belajar Pada Anak Keluarga TKW Di SD Negeri Wanacala 02 Brebes,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 01, pp. 50–56, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/249