Pengembangan Buku Saku IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI

Authors

  • Fembriani Fembriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.467

Keywords:

Buku Saku IPA, Hasil Belajar, Kelas VI

Abstract

Pengembangan buku saku IPA untuk siswa kelas VI di sekolah dasar diharapkan akan memberikan manfaat besar untuk siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dan pembelajaran di kelas yang terbatas pertemuan antara guru dan siswa karena situasi pandemic covid 19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan efektifitas buku saku IPA untuk siswa kelas 6 SD N Tesabela. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Riset and Development (RnD)  dengan menggunakan bentuk desain penelitian One –Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujian statistik yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa buku saku IPA terbukti valid dan efektif untuk digunakan. Valid dengan 4 validator buku ajar. Dengan nilai dari masing-masing validator dalam kategori baik Dan dalam bentuk tesnya terbukti valid dengan 20 soal evaluasi dengan nilai seluruh r hitung lebih bedar dari r tabel. Serta Buku saku IPA dikatakan efektif dengan nilai uji t bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 5,70>1,70, hal ini berarti Buku saku IPA SD valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

T. Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta, Bumi Aksara, 2012.

U. Samatowa, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta, Indeks, 2011.

A. Purnomo, “Pemanfaatan Komponen Instrumen Terpadu IPA Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 1, pp. 7–17, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/53.

T. Y. Budiningsih, A. Rusilowati, and P. Marwoto, “Pengembangan buku ajar IPA terpadu berorientasi literasi sains materi energi dan suhu,” Journal of Innovative Science Education, vol. 4, no. 2, pp. 34–40, 2015, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/9902.

N. Yuliyanti, R. U. Nurbaeti, and N. Afifah, “Efektivitas bahan ajar berbasis saintifik terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/242.

A. Asyhari and H. Silvia, “Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajran IPA terpadu,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/100.

M. Masita and D. Wulandari, “Pengembangan buku saku berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA,” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 75–82, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/16509.

T. S. Wijayanti, “Pengembangan buku saku biologi berorientasi keunggulan lokal untuk meningkatkan karakter peserta didik,” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, vol. 4, no. 5, pp. 146–150, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/848.

R. Salyani, A. Amsal, and R. Zulyani, “Pengembangan buku saku pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) di MAN Model Banda Aceh,” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, vol. 2, no. 1, pp. 7–14, 2018, [Online]. Available: http://202.4.186.66/JIPI/article/view/10736.

E. Sulistri, E. Sunarsih, and E. G. Utama, “Pengembangan buku saku digital berbasis etnosains di sekolah dasar Kota Singkawang,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, pp. 522–531, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2842.

S. Kustanti, L. Marlina, and E. Wulandari, “Pengembangan buku saku IPA terpadu berbasis learning cycle pada materi sistem organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII SMP / MTs,” BIOCOLONY: Jurnal Pendidikan Biologi dan Biosains, vol. 4, no. 1, pp. 26–30, 2021, [Online]. Available: http://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/biocolony/article/view/502.

N. L. Afifah, M. Murtono, and S. Santoso, “Pengembangan buku saku berbasis literasi sains untuk meningkatkan minat belajar tema organ gerak hewan dan manusia pada siswa sekolah dasar,” Journal for Lesson and Learning Studies, vol. 3, no. 3, pp. 448–453, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29774.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Fembriani, F. (2021). Pengembangan Buku Saku IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 70–77. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.467

Issue

Section

Articles