Kendala Wali Murid dalam Pendampingan Belajar Peserta Didik Kelas V SD

Authors

  • Eka Ayu Ristiyani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Laelia Nurpratiwiningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Dedi Romli Triputra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.662

Keywords:

Kendala Wali Murid, Pendampingan Belajar

Abstract

Peran wali murid dalam memberikan pendampingan belajar ketika peserta didik belajar di rumah sangat penting dilakukan. Namun, pemberian pendampingan belajar yang dilakukan oleh wali murid kepada peserta didik tidak semudah yang diperkirakan. Kendala ini dirasakan wali murid ketika pemerintah memberlakukan kebijakan baru dalam bidang pendidikan. Kebijakan tersebut yaitu diberlakukannya pembelajaran daring dikarenakan virus corona yang telah lebih dari satu tahun ini menyerang dunia termasuk Indonesia.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kendala yang yang dihadapi wali murid dalam memberikan pendampingan belajar peserta didik di rumah.  Penelitian ini merupakan penelitian yang termasuk dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengembilan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa kendala yang dihadapi oleh wali murid dalam mendampingi peserta didik belajar yaitu, kesulitan wali murid dalam mengkondisikan dan menunbuhkan minat belajar peserta didik, wali murid mengalami kesulitan dalam penguasaan materi, keterbatasan fasilitas di rumah, wali murid cepat marah dan gampang emosi ketika mendampingi peserta didik belajar dan kesulitan wali murid dalam membagi waktu antara mendampingi peserta didik belajar dengan bekerja atau mengurus rumah.

References

N. Cahyati and R. Kusumah, “Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi covid-19,” J. Golden Age, vol. 4, no. 01, pp. 152–159, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203.

E. Kurniati, D. K. N. Alfaeni, and F. Andriani, “Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 241, 2020, [Online]. Available: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/541.

A. Emiyati and H. Harming, “Kendala orang tua mendampingi anak belajar di rumah dalam menghadapi situasi covid-19,” Civ. J. Ilmu Pendidik. PKN dan Sos. Budaya, vol. 4, no. 1, pp. 8–16, 2020, [Online]. Available: http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/336.

S. J. Pangarso, Jurus Jitu Mendampingi Belajar Anak Di Usia Emas. Jakarta: Gramedia, 2017.

D. R. Triputra, “Early childhood parenting in the review of Islamic religious perspectives in Songgom Brebes,” Int. J. Emerg. Issues Early Child. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 30–44, 2020, [Online]. Available: https://journals.researchsynergypress.com/index.php/ijeiece/article/view/207.

M. Toharudin and A. Rukyat, “Model pendampingan belajar pada anak keluarga TKW di SD Negeri Wanacala 02 Brebes,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 01, pp. 50–56, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/249.

A. Wardani and Y. Ayriza, “Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi ovid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 772–782, 2020, [Online]. Available: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/705.

A. N. Fadlilah, D. T. Setiyoko, and B. A. Pranoto, “Makna pembelajaran daring selama pandemi covid-19 bagi peserta didik yang tidak memiliki smartphone,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 51–59, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/497.

I. Mastoah and Z. MS, “Kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa covid-19 di Kota Serang,” As-Sibyan J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 121–128, 2020, [Online]. Available: http://103.20.188.221/index.php/assibyan/article/view/3663.

A. B. P and I. F. Apriani, “Pola asuh orang tua militer dalam meningkatkan kemandirian anak,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 42–50, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/488.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Ayu Ristiyani, E., Nurpratiwiningsih, L., & Romli Triputra, D. (2022). Kendala Wali Murid dalam Pendampingan Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 116–112. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.662

Issue

Section

Articles