Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Diskalkulia

Authors

  • Siska Anindya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Diah Sunarsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Farhan Saefudin Wahid Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.663

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika, Diskalkulia

Abstract

Pada proses pembelajaran terkadang akan menemui kendala seperti kesulitan belajar berhitung. Peserta didik yang mengalami gangguan pada kemampuan berhitung dinamakan diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia dan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menangani kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kesehatan fisik, sikap, minat, dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi metode mengajar guru, penggunaan media, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Upaya guru dalam menangani kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia yaitu dengan pengajaran perbaikan, perbanyak latihan soal, pemberian bimbingan belajar individu/kelompok, dan kerja sama dengan orang tua.

References

A. Wijaya, Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita (Disabilitas Intelegensi – Gangguan Intelektual). Yogyakarta: Kyta, 2016.

N. N. Y. Darjiani, I. G. Meter, and I. G. A. O. Negara, “Analisis kesulitan-kesulitan belajar matematika siswa kelas V dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Piloting se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015,” e-Journal PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5070.

F. N. Astuti, E. Yusmin, and D. Suratman, “Analisis kesulitan pemahaman konseptual siswa dalam menyelesaikan soal pada materi peluang di Man Sanggau,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 10, pp. 1–10, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11971.

F. F. Payon, D. Andrian, and S. Mardikarini, “Faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas III SD,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 02, pp. 53–60, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/397.

A. Aditya and N. W. W. Asthiningsih, “Hubungan kebiasaan membaca dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah: literature review,” Borneo Student Res., vol. 3, no. 1, pp. 139–149, 2021, [Online]. Available: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/2364.

D. S. M. Ibrahim, A. B. Santoso, A. Aswasulasikin, Y. A. Hadi, and A. Z. Akbar, “Intervensi dini kesulitan belajar (diskalkulia) siswa sekolah dasar,” J. DIDIKA Wahana Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 46–56, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3414.

A. Andri, O. J. Dores, and A. H. Lina, “Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa SDN 01 Nanga Kantuk,” J-PiMat J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 158–167, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11971.

D. R. Utari, M. Y. S. Wardana, and A. T. Damayani, “Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 4, pp. 534–540, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22311.

M. Toharudin and A. Rukyat, “Model pendampingan belajar pada anak keluarga TKW di SD Negeri Wanacala 02 Brebes,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 01, pp. 50–56, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/249.

H. Rustantono and L. Fatimatuzzahro, “Pengaruh penggunaan handphone terhadap interaksi sosial santri putri di pondok pesantren Miftahul Huda IV Mojosari Kabupaten Malang,” J. Pendidik. Edutama, vol. 9, no. 1, pp. 183–192, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/2047.

N. Hasanah, “Upaya guru dalam mengatasi siswa berkesulitan belajar matematika di kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin,” J. PTK Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 27–34, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ptkpend/article/view/1028.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Anindya, S., Sunarsih, D., & Saefudin Wahid, F. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Diskalkulia. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 123–132. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.663

Issue

Section

Articles