Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI

Authors

  • Konilah Konilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Diah Sunarsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Agus Purnomo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.664

Keywords:

Gaya Belajar Visual, Matematika, MI

Abstract

Proses pembelajaran peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sehingga penting bagi pendidik mengetahui gaya belajar yang dimiliki peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter visual yaitu peserta didik mampu memahami soal dengan cara membacanya sendiri, tidak bisa berkonsentrasi apabila keadaan sekitar kacau, membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikan soal dan memerlukan penggaris serta contoh soal beserta penyelesaiannya secara tertulis. Gaya belajar yang menunjukkan karakter auditori yaitu peserta didik lebih paham jika soal dibacakan oleh guru, mampu menyampaikan informasi yang didapat dari hasil pekerjaannya secara lisan, tidak bisa berkonsentrasi apablia keadaan sekitar berisik dan lebih paham apabila guru menjelaskan materi secara lisan. Gaya belajar yang menunjukkan karakter kinestetik yaitu peserta didik lebih suka menyelesaikan soal secara kelompok, mencari informasi dengan cara menghampiri temannya, tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan soal jika harus duduk tenang dengan waktu lama.

References

F. S. Farhan and E. Risdianti, “Pengaruh pemberian metode pembelajaran secara konvensional dan secara preferensi sensori kinestetik terhadap prestasi belajar pada mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta,” J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 89–95, 2021, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/636.

H. Harianto, A. Dalle, and M. Anwar, “Pengaruh pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman mahasiswa,” J. Lang. Lit. Linguist., vol. 2, no. 1, pp. 49–56, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/19646.

A. A. B. Mukti and E. Soedjoko, “Kemampuan siswa pada aspek berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar melalui pembelajaran problem posing berbasis open-ended problem,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2021, vol. 4, pp. 26–36, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44955.

N. Fauziah, Y. Sunaryo, and A. M. Ruswana, “Analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan gaya belajar Siswa,” J-KIP (Jurnal Kegur. dan Ilmu Pendidikan), vol. 2, no. 3, pp. 119–124, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/6197.

B. N. Falah, “Pengaruh gaya belajar siswa dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa,” J. Euclid, vol. 6, no. 1, pp. 25–34, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Euclid/article/view/1226.

B. Eko, S. Riau, I. Junaedi, and I. Artikel, “Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VII berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran PBL,” Unnes J. Math. Educ. Res., vol. 5, no. 2, pp. 166–177, 2016, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/12933/7062.

A. Mayanto, Z. Zulfikar, and A. Faisal, “Pengaruh metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap motivasi dan hasil belajar penjas,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 01, pp. 69–78, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/251.

K. D. A. Yudono, “Preferensi modalitas belajar vark siswa sekolah dasar kelas III,” J. Ilm. Kontekst., vol. 3, no. 01, pp. 26–32, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/480.

H. S. Negara, F. Nurlova, and A. U. Hidayati, “Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik di sekolah dasar,” TERAMPIL J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 83–90, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/9648.

F. R. N. Azis, P. Pamujo, and P. H. Yuwono, “Analisis gaya belajar visual, auditorial, kinestetik siswa berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 6, no. 1, pp. 26–31, 2020, [Online]. Available: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2658.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Konilah, K., Sunarsih, D., & Purnomo, A. (2022). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas V MI. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 141–149. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.664

Issue

Section

Articles