Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Melalui Media Powerpoint

Authors

  • Ely Sulistiyowati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sulis Setiowati Universitas Muhammadiyah Purwoketo
  • Dedy Irawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.670

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Karangsari. Upaya yang dilakukan dengan memasukkan media powerpoint ke dalam materi matematika, khususnya kalangan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing satu pertemuan. Model Kemmis dan McTaggart dirujuk dalam prosedur penelitian ini, yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data penelitian ini meliputi lembar soal tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, siklus I memperoleh nilai rata-rata 71, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 77. Pada siklus I rata-rata peningkatan ketuntasan belajar sebesar 55%, dan pada siklus II sebesar 72%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan prestasi belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Peningkatan ini telah melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 70% tuntas belajar dengan rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 74. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

S. K. Tiara and E. Y. Sari, “Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 Di SDN 1 Watulimo,” EduHumaniora urnal Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, pp. 21–30, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/11905.

U. Mabruroh, D. Sunarsih, and A. Mumpuni, “Analisis kesulitan belajar muatan matematika kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 01, pp. 58–68, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/250.

P. N. Riastini and I. K. A. Mustika, “Pengaruh model polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD,” Int. J. Elem. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 189–196, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/11887.

N. Yuliyanti and D. Sunarsih, “Pengaruh model cooperative tipe TGT terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV,” J. Ilm. Kontekst., vol. 1, no. 01, pp. 45–53, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/58.

A. Akhwani and R. Nurizka, “Meta-analisis quasi eksperimental model pembelajaran value clarification technique (VCT) terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 446–454, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/706.

B. F. Rahmawati, B. Badarudin, and M. S. Hadi, “Penggunaan media interaktif power point dalam pembelajaran daring,” Fajar Hist. J. Ilmu Sej. dan Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 60–67, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/view/3135.

K. Nasution, “Pengemasan materi pembelajaran Tari Wira Pertiwi berbasis powerpoint stand alone untuk sekolah menengah atas,” Gesture J. Seni Tari, vol. 9, no. 2, pp. 185–194, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gesture/article/view/20359.

K. Masrohah, C. Wiarsih, and D. Irawan, “Penerapan metode permainan bingo untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik,” Madrasah J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 11, no. 2, pp. 64–74, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/7113.

R. Susanti, “Pembelajaran model examples non examples berbantuan powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 3, no. 2, pp. 123–127, 2014, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/3110.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Sulistiyowati, E., Setiowati, S., & Irawan, D. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Melalui Media Powerpoint. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 36–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.670

Issue

Section

Articles