ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM

Authors

  • Yustiyawati Yustiyawati IKIP PGRI Bojonegoro
  • Cahyo Hasanudin Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ahmad Kholiqul Amin Amin IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.456

Keywords:

teks ulasan,, quantum learning,, google classroom.

Abstract

Teks ulasan merupakan salah satu teks yang memuat tentang penilaian sebuah karya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk struktur teks ulasan (orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman) yang telah ditulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif dengan pendekatan study kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi,tes, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Katolik St. Louis Cepu dapat menulis teks ulasan pada bagain 1) orientasi dikategorikan baik, 2) tafsiran dikategorikan baik, 3) evaluasi dikategorikan baik, dan 4) rangkuman dikategorikan baik. Simpulan penelitian ini adalah pengguna metode quantum learning berbantukan google classroom dapat membuat siswa menulis teks ulasan lebih baik.

References

S. F. Anzar and Mardhatillah,“Analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat tahun ajaran 2015/2016,”Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 53-64, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/25.

N. Hidayah, “Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar,”Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 190-204, 2015, [Online]. Available: https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291.

I. Zulaeha, “Pengembangan model pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia berkonteks multikultural,”Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya., vol. 12, no. 1, pp. 97-105, 2013, [Online]. Available:https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1331.

K. Sholeh and S. Afriani, “Teknik mind mapping sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa sma,”Jurnal Pendidikan Surya Edukasi., vol. 2, no. 2, pp. 26-45, 2016, [Online]. Available:https://doi.org/10.37729/jpse.v2i2.3462.

S. W. Kurniawati, “Pembelajaran menulis teks ulasan dengan SQ3R,”Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, vol. 2, no. 1, pp. 11-18, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.35194/jd.v2i1.675.

Y. W. Astuti and A. Mustadi, “Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V sd,”Jurnal Prima Edukasia., vol. 2, no. 2, pp. 251-262, 2014,[Online]. Available: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723.

Ilham, M. and Wijianti, I. A., Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa, 2020, Lembaga Academic & Reserch Institute, Pasuruan.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

A. Nofita, A. Hasani, and A. H. Mawadah, “Hubungan kecerdasan kinestetik dan penguasaan kalimat efektif dengan keterampilan menulis teks ulasan karya siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019,”Jurnal Membaca Bahasa & Sastra.,vol. 4, no. 2, pp. 77-83, 2019,[Online]. Available:http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v4i2.6311.g4397.

F. Rosyida, Y. Kristiana, and C. Hasanudin, “Analisis keterampilan menceritakan kembali teks ulasan dengan kolaborasi metode fliped classroom dan aplikasi schoology,”Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan.,vol. 5, no. 2, pp. 86-95, 2020, [Online]. Available:https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v5i2.303.

I. T. Almuharram, Syambastil, and D. Ramdani, “Pembelajaran menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII,”Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 6, pp. 1-9, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33435/75676581563.

Ernawati Septi Dwi, Kurniawan Prasetyo Yuli and Ubaedilillah Ubaedillah, “Keefektifan Metode Time Token Arends dan Mind Mapping dalam Menulis Teks Eksposisi”, Jurnal Ilmiah Semantika, vol 1, no. 1, pp. 55-62, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika/article/view/82.

N. Mayasari, A. K. Amin, and L. Rofiqoh, “Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing,” Jurnal Math Educator Nusantara., vol. 5, no. 2, pp. 140-152, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13513.

U. Qalsum, “Penerapan metode quantum learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar belajar siswa kelas VIII.A SMP Pesantren Datok Sulaiman Palopo khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia,”Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra.,vol 4, no. 2, pp. 92-104, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1119.

Z. Arifin, Sudarti, andA. D. Lesmono, “Pengaruh model quantum learning disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri Kalisat,”Jurnal Pembelajaran Fisika., vol. 4, no. 4, pp. 365-370, 2016, [Online]. Available:https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3091/2489.

A. M. Ramlan, “Peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui metode quantum learning dengan teknik mind mapping,”Jurnal of Educational Science and Technology., vol. 3, no. 2, pp. 129-135, 2017,[Online]. Available:https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3551.

R. N. Hidayah, A. Darmuki, andC. Hasanudin, “Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran 2018/2019,”Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan., vol. 4, no. 1, pp. 309-320, 2019, [Online]. Available:http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi/article/view/152/123.

A. K. Amin, “Kajian konseptual model pembelajaran blanded learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar,” Jurnal Pendidikan Edutama., vol. 4, no. 2, pp. 51-63, 2017, [Online]. Available:https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/55.

N. Asnawi, “Pengukuran usability google classroom sebagai e-learning menggunakan USE Questionnaire (studi kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),”Jurnal of Computer, informasi system, & technology management., vol. 1, no. 2, pp. 17-21, 2018,[Online]. Available:http://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451.

I. Savitri, “Penggunaan pembelajaran 4.0 berbantuan aplikasi google classroom dan google form dalam mata kuliah ilmu sosial budaya dasar,”Jurnal Borneo Saintek., vol. 2, no. 1, pp. 20-25, 2019,[Online]. Available: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.632.

N. R. Ashadiand S. Suhaeb, “Hubungan pemanfaatan google classroom dan kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa PTIK pada masa pandemi,”Jurnal Media Elektrik., vol. 17, no. 2, pp. 46-51, 2020, [Online]. Available:http://103.76.50.195/mediaelektrik/article/view/14036/8239.

L. U. AliandM. Zaini, “Pemanfaatan program aplikasi google classroom sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar pendidikan,”Jurnal Society Jurusan Tadris IPS., vol. 11, no. 1, pp. 27-34, 2020, [Online]. Available:https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2297.

R. R. Lubis, Haidir, and B.E. Rusadi, “Problematika implementasi scientific approach dalam pembelajaran Fikih (studi kasus di MTs. PAI Medan),” Jurnal Agama dan Pendidikan Islam., vol. 11, no. 1, pp. 118-134, 2019, [Online]. Available:https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i1.3141.

H. Novitasari, Sutrimah., and C. Hasanudin, “Analisis keterampilan menulis teks drama dengan pembelajaran quantum,” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA., vol. 6, no. 2, pp. 179-190, 2020, [Online]. Available:http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.179-190.2020.

N. Hidayah and Novita,“Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode struktur analitik sintetik (SAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016,”Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran., vol. 3, no. 1, pp. 85-102, 2016, [Online]. Available:https://doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1331.

M. D. Umam, “Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Matematika materi operasi hitung pecahan,”Jurnal MATHEdunesia., vol. 3, no. 3, pp. 131-134, 2014, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12779.

M. Pritandhari, “Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah Manajemen Keuangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro,”Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi., vol. 4, no. 2, pp. 1-7, 2016, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.631.

R. S. Waskitoningtyas, “Analisis kesulitan belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016,”Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika., vol. 5, no. 1, pp. 24-32, 2016, [Online]. Available: http://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852.

Saad, S., Hak Pemeliharaan dan Penangkapan Ikan, 2009, LKiS Yogyakarta, Yogyakarta.

Suparno, P., Riset Tindakan Untuk Pendidik, 2007, PT Grasido, Jakarta.

M. A. Kastiyawan, Y. Hudiyono, and M. R. Ahmad, “Pengembangan media Levidio Storyboard dalam pembelajaran menulis teks ulasan film/drama pada siswa kelas XI Smk,” Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistic., vol. 3, no. 1, pp. 15-30, 2017, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v3i1.774.

R. Kustina and Z. Wahdah, “Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap kemampuan membedakan struktur teks ulasan dengan teks biografi siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Banda Aceh,” Jurnal Metamorfosa., vol. 4, no. 1, pp. 93-103, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/147.

I. Suryadi, Suhartono, and P. Utomo, “Pelaksanaan pembelajarn menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu,” Jurnal Ilmiah KORPUS., vol. 4, no. 2, pp. 185-194, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8334.

K. A. W. Aswin, “Pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar menulis teks ulasan kelas VIII MTS Al-Musthofa tahun ajaran 2017/2018,” Jurnal Bapala., vol. 5, no. 2, pp. 1-11, 2018, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/25689.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Yustiyawati, Y., Hasanudin, C. H., & Amin, A. K. A. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN METODE QUANTUM LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.456

Issue

Section

Articles