Rancang Bangun Aplikasi E-Culture Topeng Cirebon Dengan Augmented Reality Berbasis Android

Main Article Content

Agus Ma’sum
Sodik Kirono
Handaru Handaru

Abstract

Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa yang kaya akan keanekaragaman budaya. Salah satunya adalah budaya kesenian dari Cirebon Jawa barat yaitu kesenian topeng Cirebon. Topeng Cirebon merupakan budaya Cirebon yang saat ini kurang dikenal secara mendalam oleh masyarakat, masyarakat hanya mengetahui bentuk topeng Cirebon tanpa mengetahui nama, jenis, dan arti yang terkandung pada setiap topeng Cirebon. Saat ini topeng Cirebon sudah digantikan oleh hiburan – hiburan tarian modern dan hiburan musik dangdut yang saat ini sedang marak. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa teknologi baru yang saat ini sedang berkembang yaitu augmented reality. Augmented reality adalah penggabungan antara objek dunia nyata dan virtual. Teknologi ini di terapkan pada aplikasi e-Culture topeng Cirebon, augmented reality diterapkan dengan menggunakan teknik face detection, dengan teknik ini kamera akan mendeteksi wajah dan menampilkan objek topeng Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengenali dan mempelajari kebudayaan topeng Cirebon. Pembangunan aplikasi e-Culture ini menggunakan software unity 3D, 3D Studio Max dan library XZIMG. Hasil dari penelitian ini berhasil membangun aplikasi e-Culture sesuai dengan kebutuhan pengguna aplikasi. Dengan diterapkannya aplikasi ini mampu meningkatkan minat masyarakat dalam melestarikan dan menjaga kesenian topeng Cirebon serta memudahkan masyarakat dalam mengenali budaya topeng Cirebon.

Article Details

How to Cite
Ma’sum, A., Kirono, S., & Handaru, H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi E-Culture Topeng Cirebon Dengan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 1(01), 66–78. https://doi.org/10.46772/intech.v1i01.39
Section
Articles
Author Biographies

Agus Ma’sum, Program Studi Teknik Informatika, STIKOM Poltek Cirebon

 

 

 

Sodik Kirono, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhadi Setiabudi

 

 

Handaru Handaru, Teknik Informatika, STIKOM Poltek Cirebon

 

 

 

References

Avi., 2017. Lestarikan Budaya, Mimi Tumus Masih Menari Topeng di Usia Senja. Diambil kembali dari detik news: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3673095/lestarikan-budaya-mimi-tumus-masih-menari-topeng-di-usia-senja?_ga=2.38021795.1407880399.1513343053-449481633.1513343053#

Haryani, Prita., Triyono, Joko., 2017, “Augmented Reality (AR) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat”, Jurnal Simetris Volume 8 No 2 ISSN : 2252-4983. Available : https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/1614/1131

Pramono, Andy., 2013, “Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality”, Jurnal Eltek Politeknik Negri Malang Volume 11 No 1. Available : http://eltek.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/10

Sejzi, A. A., 2015, “Augmented Reality and Virtual Learning Environment”. Journal Of Applied Sciences Research, 1-5. Available : https://www.researchgate.net/profile/Abbas_Abdoli_Sejzi/publication/277137476_Augmented_Reality_and_Virtual_Learning_Environment/links/5562ccbe08ae8c0cab3338f3/Augmented-Reality-and-Virtual-Learning-Environment.pdf

Sitokdana, M. N., & Tanaamah, A. R., 2016, “Strategi Pembangunan e-Culture di Indonesia”. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi JUTISI Volume 2 nomor 2 pp 132-139. Available : http://jutisi.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/view/439

Arif., 2016, JENIS SEJARAH KARAKTER TARI TOPENG CIREBON. Diambil kembali dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon: http://disbudparpora.cirebonkab.go.id/jenis-sejarah-karakter-tari-topeng-cirebon

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. 2015. “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Volume I No 3. Available : http://jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50

Saputra, I. A., & Mahendra, I. M. 2015. “Optimasi Lintasan Game Mekepung 3D Pada Engine Unity 3D”. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Volume 8 No 2. Available : https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/18361

Umminingsih., Herawati, Nuniek., Ikhsan, Miftah Nur., 2018, “Detektor Masa Kadaluarsa Produk Menggunakan Smartphone”, Jurnal Teknologi Volume 11 No 1. Available : https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1394

Rifa’i, Muhammad., Listyorini, Tri., Latubessy, Anastasya., 2014, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android”, Proseiding SNATIF Ke-1. Available : https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/viewFile/154/156