PENGEMBANGAN MODEL INVESTIGASI SOIAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTS DI KABUPATEN BREBES

Authors

  • Hany Uswatun Nisa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.261

Keywords:

Model Investigasi Sosial, Menulis Teks Laporan Hasil Observasi, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan model investigasi sosial, memaparkan karakteristik model investigasi sosial, dan mengembangangkan serta menguji kefektifan model dalam skala terbatas. Muatan kearifan lokal diberikan guna untuk menggugah peserta didik agar mencintai budayanya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (R&D) dari Borg and Gall. Langkah penelitian Borg and Gall diadaptasi menjadi tiga tahap, yakni penelitian, pengembangan, dan pengujian. Hasil penelitian ini didasarkan pada hasil angket kebutuhan pengembangan model menurut persepsi guru dan peserta didik, selanjutnya disusun berdasarkan karakteristik pengembangan model. Karakteristik tersebut meliputi pembelajaran yang kontekstual, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran dilakukan melalui interaksi sosial, dan pembelajaran yang memberikan kebebasan untuk memilih. Hasil uji keefektifan yang dilakukan di kelas VIII SMP N 1 Ketanggungan Brebes menunjukkan ada peningkatan nilai rata-rata pretes dan postes. Uji t pada sekolah tersebut sebesar 10,653, uji t pada kelas VIII MTS Subulul Ikhsan sebesar 10,986, dan uji t pada kelas VIII SMP N 2 Banjarharjo Brebes sebesar 7,785. Hal tersebut membuktikan adanya perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan model investigasi sosial pada pembelajaran menulis teks laporan hasilobservasi berkonteks kearifan lokal.

References

Parera, J.D, Petunjuk Guru Pintar Berbahasa Indonesia Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, 1999, Balai Pustaka, Jakarta.

Winataputra, Udin S, Model-model Pembelajaran Inovatif, 2001, PAU-PPAI UT, Jakarta.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, 2009, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

Kurniawan, Prasetyo Yuli, dan Subyantoro, “Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Prosedur Kompleks yang Bemuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan”. Jurnal Seloka., vol. 5, no. 1, pp. 71 – 80, 2016, [online]. Available:

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/12753/6924

Apryliana, Agnes, “Keefektifan Pendekatan Proses dan Pendekatan Genre Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa SMA”, Diksi., Vol. 25 No. 1 2017, [online]. Available:

https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/16181

Kurniawan, Prasetyo Yuli, “Development of Interactive Teaching material of Semantic Course Based on Local Wisdom of Brebes”, Jurnal Seloka.Vol.7, no.3, pp.229-235, 2018, , [online]. Available:

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/27013/11830

Kurniawan, Prasetyo Yuli, 2019, “Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Interaktif Yang Berbasis Kearifan Lokal Brebes Dalam Mata Kuliah Semanik”. Bahastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 3, No. 2, 2019. Available: https://journal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1159

Mumpuni Atikah dan Pratiwiningsih L, “The Development of a Web Based learning to Improve of a Creative Writing Ability of PGSD Students”. Cakrawala Pendidikan, [online]. Available:

https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/20009

Ernawati, Septi Dwi, dkk, “Keefektifan Metode Time TOkend Arends dan Mind Mapping dalam Menulis Teks Eksposisi”, Jurnal Ilmiah Semantika, vol. 1, no. 1, pp. 55 – 62, 2019, [online]. Available:

http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika/article/view/82

Nurbaeti, Rizki Umi, “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Cakrawala Pendas, Vol. 5 No.1, 2019, [online]. Available:

https://journal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1233

Nurbaeti, Rizki Umi, “Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar”, Elementaria Edukasia, Vol. 3 No.1, 2020, [online]. Available:

https://journal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2115

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, 2010, Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2020-09-02

How to Cite

Nisa, H. U. . (2020). PENGEMBANGAN MODEL INVESTIGASI SOIAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTS DI KABUPATEN BREBES. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.261

Issue

Section

Articles