TINGKAT PENGETAHUAN MAKANAN SEHAT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI

Authors

  • Yunika Purwanti Universitas Muhadi Setiabudi
  • Jazirotur Rizqiyah Universitas Muhadi Setiabudi
  • A’Allya Rizki Utami Universitas Muhadi Setiabudi
  • Melly Fera Universitas Muhadi Setiabudi
  • Nurwati Nurwati Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/jtfp.v5i02.1784

Keywords:

pengetahuan, makanan sehat, bergizi

Abstract

Penelitian ini mengkaji tingkat pengetahuan mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) tentang makanan sehat, mengingat pentingnya pola makan sehat untuk kesehatan tubuh dan pencegahan penyakit. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep dan penerapan makanan sehat. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pengetahuan mahasiswa agar dapat digunakan sebagai dasar pengembangan program pendidikan kesehatan di kampus. Metode penelitian menggunakan survei dengan kuesioner, yang dibagikan kepada 30 mahasiswa UMUS pada 20 Mei 2025. Analisis data dilakukan dengan SPSS versi 26 dan Microsoft Excel 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96.7% mahasiswa menganggap penting mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Namun, terdapat kekurangan dalam pemahaman tentang metode memasak yang optimal dan sumber protein tinggi, dengan 70% responden memilih metode memasak yang kurang tepat dan 80% tidak mengetahui bahwa ikan laut mengandung protein tinggi. Kesimpulannya, meskipun sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman dasar yang baik tentang pentingnya makanan sehat, masih ada area yang memerlukan peningkatan pengetahuan. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk mengembangkan program pendidikan kesehatan yang lebih efektif di lingkungan kampus.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Purwanti, Y., Rizqiyah, J., Rizki Utami, A., Fera, M., & Nurwati, N. (2025). TINGKAT PENGETAHUAN MAKANAN SEHAT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI. Journal of Technology and Food Processing (JTFP), 5(02), 23–35. https://doi.org/10.46772/jtfp.v5i02.1784

Issue

Section

Articles