Makna Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 bagi Peserta Didik yang Tidak Memiliki Smartphone

Authors

  • Annisa Nurul Fadlilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Didik Tri Setiyoko Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Budi Adjar Pranoto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.497

Keywords:

makna pembelajaran daring, pandemi COVID-19, smartphone

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui makna pembelajaran daring selama pandemi    covid-19 bagi peserta didik yang tidak memiliki smartphone. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : faktor ekonomi dan tertinggal perkembangan teknologi adalah faktor utama bagi peserta didik yang tidak memiliki smartphone untuk mengikuti pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Peserta didik yang tidak memiliki smartphone perlu berinteraksi dengan sesama teman yang telah memiliki smartphone untuk memperoleh informasi (Mind). Dilihat dari bagaimana peserta didik berkomunikasi dengan guru, orang tua, dan teman sebaya, diri seseorang muncul dan berkembang melalui aktivitas dan hubungan sosial (Self). Peserta didik yang tidak memiliki smartphone diharapkan mampu berinteraksi dengan peserta didi yang telah memiliki smartphone agar dapat mengikuti pembelajaran daring (Society). Akan tetapi, dengan kondisi seperti ini peserta didik yang tidak memiliki smartphone cenderung kurang aktif dalam belajar dikarenakan tidak bebas melihat materi pembelajaran pada smartphone temannya, selain itu peserta tersebut juga cenderung minder yang menyebabkan kurangnya semangat dalam belajar.

References

N. Nurkholis, “Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi,” Jurnal Kependidikan, vol. 1, no. 1, pp. 24–44, 2013, [Online]. Available: http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/530.

Kemdikbud, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). 2020.

R. G. Kurniawan, Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang, 2020.

S. A.N, B. Bayu, R. Rani, and M. S, “Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar IPA,” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, vol. 1, no. 2, pp. 30–38, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/117.

E. Ismanto, M. Novalia, and P. B. Harlandy, “Pemanfaatan smartphone android sebagai media pembelajaran bagi guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru,” Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, vol. 1, no. 1, pp. 42–47, 2017, [Online]. Available: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/33.

R. P. Sari, N. B. Tusyantari, and M. Suswandari, “Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19,” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2021, [Online]. Available: https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/732.

D. D. Sari, “Permasalahan guru sekolah dasar selama pembelajaran daring,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 2, pp. 27–35, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/394.

M. Siahaan, “Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan,” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 1, no. 1, pp. 73–80, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/265.

S. Fatimah, R. U. Nurbaeti, and B. A. Pranoto, “Hubungan antara disiplin dan motivasi dengan prestasi belajar siswa Kelas III,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 1, pp. 63–69, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/60.

F. Firdaus, “Implementasi dan hambatan pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19,” utile: Jurnal Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 220–225, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/1009.

D. Ahmadi, “Interaksi Simbolik,” Jurnal Mediator, vol. 9, no. 2, pp. 301–316, 2008, [Online]. Available: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/viewFile/1115/683.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Fadlilah, A. N. ., Setiyoko, D. T. ., & Pranoto, B. A. . (2021). Makna Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 bagi Peserta Didik yang Tidak Memiliki Smartphone. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 51–59. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.497

Issue

Section

Articles