Implementasi Gerakan Literasi pada Sekolah Ramah Anak

Authors

  • Meri Yuliyanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi
  • Dedi Romli Triputra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.489

Keywords:

gerakan literasi, sekolah ramah anak

Abstract

Gerakan literasi sekolah (GLS) merupakan suatu program yang telah dikeluarkan oleh pemerintah guna menumbuhkan budaya literasi dan pembiasaan perilaku positif kepada seluruh warga sekolah. Implementasi GLS diperlukan konsep sekolah yang ramah anak (SRA), agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara optimal. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pelaksanaan dan penggunaan program penunjang GLS pada SRA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu  penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di SD Negeri Brebes 03. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, 1) implementasi GLS pada SRA terdapat tiga tahapan yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran, disetiap tahapan pelaksanaan terdapat faktor pendukung dan penghambat. 2) penggunaan program penunjang seperti, pembiasaan membaca 15 menit, perpustakaan sekolah, sudut baca ramah anak, ruang kelas yang kaya teks literasi dan ramah anak, pembuatan mading, perpustakaan keliling daerah, dan pengadaan lomba literasi, yang dalam penggunaannya tidak lepas dari konsep ramah anak dengan memperhatikan karakteristik anak, kebutuhan sekolah, dan ketersediaan prasarana pendukung yang ada di SD Negeri Brebes 03.

References

R. N. Shoimah, “Implementasi gerakanliterasi di sekolah (studi kasus di SDN Karah 1 Surabaya),” MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol. 3, no. 2, pp. 1–17, 2020, [Online]. Available: http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/984.

A. Mumpuni and R. U. Nurbaeti, “Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 4, no. 1, pp. 114–124, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/35229.

P. Astuti, A. Mumpuni, and B. A. Pranoto, “Pengaruh Minat Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan,” Jurnal KONTEKSTUAL, vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/55.

N. Yuliyanti, R. U. Nurbaeti, and N. Afifah, “Efektivitas bahan ajar berbasis saintifik terhadap sikap ilmiah mahasiswa PGSD,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/242.

M. Rapai, “Pengaruh gerakan literasi sekolah dan penerapan konsep sekolah ramah anak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (penelitian pada siswa kelas V SDIT Miftahul Ulum Cinere, Depok),” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2, pp. 101–122, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.fatahillah.ac.id/index.php/elmoona/article/view/20.

M. Teguh, “Gerakan literasi sekolah dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 18–26, 2020, [Online]. Available: https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217.

A. N. Soleh and L. Humaidi, Panduan sekolah dan madrasah ramah anak. Jakarta: Erlangga, 2016.

H. Triaryanti and N. Hidayah, “Implementasi program gerakan literasi sekolah (GLS) ditinjau dari tahap pengembangan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul,” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), vol. 2, no. 1, pp. 35–39, 2019, [Online]. Available: http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/817.

A. Mumpuni et al., “Pengelolaan kegiatan GLS di sekolah dasar selama pandemi covid-19,” Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, vol. 1, no. 2, pp. 58–63, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/351.

I. T. Yunianika and S. Suratinah, “Implementasi gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 3, no. 4, p. 507, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17331.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Yuliyanti, M. ., & Triputra, D. R. . (2021). Implementasi Gerakan Literasi pada Sekolah Ramah Anak. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(01), 60–69. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i01.489

Issue

Section

Articles