Manajemen Pemasaran Ubi Jalar Pada PT Galih Estetika Indonesia

Authors

  • Indah Mega Putri Universitas Muhadi Setiabudi
  • Suci Nur Utami Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2.1181

Keywords:

Ubi jalar, manajemen pemasaran, PT Galih Estetika Indonesia.

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. PT Galih Estetika Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertanian yang memiliki usaha utama dalam memproduksi olahan ubi jalar. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen pemasaran (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling) yang dikombinasikan dengan bauran pemasaran usaha agribisnis pada olahan ubi jalar. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data yang meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian pada kegiatan Praktek Kerja Lapangan di PT Galih Estetika Indonesia menunjukkan bahwa manajemen pemasaran olahan ubi jalar melalui tahap merencanakan, mengimplementasikan dan mengawasi kombinasi dari bauran pemasaran. Bauran pemasaran ini mencakup produk, harga, distribusi, promosi, proses, sumber daya manusia, dan bukti fisik. Saluran distribusinya berfokus pada ekspor ke Jepang dan Korea dengan promosi yang dilakukan langsung kepada calon buyers dari Jepang dan Korea oleh bagian marketing. Proses manajemen tersebut dilakukan sudah mencapai optimasi pemasaran dengan baik sehingga jalannya kegiatan agribisinis ubi jalar di PT Galih Estetika Indonesia juga baik.

 

References

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Ed.1. Satu Nusa, Bandung.

Juanda, D. & Cahyonod, B. 2000. Ubi Jalar Budidaya dan analisis Usaha Tani. Kanisius, Yogyakarta.

Kotler, Phillip. 2009. Manajemen Pemasaran. Ed.13. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Ed.13. Jilid 1 dan 2. Erlangga, Jakarta.

Permana. 2013. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Ed.11. Jakarta: INDEKS.

Sarwono, B. 2007. Ubi Jalar. Penebar Swadaya, Jakarta.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press, Malang.

Utami, N.W. 2018. 7 Marketing Mix Yang Harus Diketahui Untuk Bisnis Anda. Jakarta: PT Mid Solusi Nusantara. Available: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-7-konsep-mix-marketing-dalam-perusahaan-jasa/. (Diakses tanggal 16 Agustus 2021).

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Mega Putri, I., & Nur Utami, S. (2024). Manajemen Pemasaran Ubi Jalar Pada PT Galih Estetika Indonesia. Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 2(2), 191–198. https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2.1181

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)