Analisis Supply Chain Management ( SCM ) Produk Hasil Pertanian CV Minoruu Furusawa dengan Metode Distribution Requitment Planning ( DRP )

Authors

  • Zidan Raafi Utama Putra Universitas Muhadi Setiabudi
  • Suci Nur Utami Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khusnul Khotimah Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2.1171

Keywords:

Supply Chain Management ( SCM ), Distribution Requitment Planning ( DRP ), Economic Order Quantity ( EOQ ), Pemasaran, Distribusi.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di CV. Minoruu Furusawa Faram Japan bertujuan untuk mengetahui proses Suplly Chain Managemet segala proses rantai pasok dan distribusi hasil pertanian di jepang. Pola permintaan pasar untuk perusahaan C.V. Minoruu Furusawa dalam setiap periodenya bersifat tidak konstan, selalu berubah-ubah. Perusahaan juga menghadapi persaingan dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang sejenis dalam rangka memenuhi permintaan pasar. Perusahaan CV. Minoruu Furusawa Farm Japan mempunyai masalah pada jumlah produksi barang dan sistem distribusi yang sedikit kurang baik, seperti waktu pengiriman, jumlah, dan jenis barang yang dikirimkan, sehingga mengakibatkan terjadinya kekurangan atau kelebihan persediaan. Proses pemasaran juga dilaksanakan sesuai penjadwalan dari distributor JA Nogyo ( Japan Agriculture ) yang dapat menstabilkan proses pemasaran. Metode yang digunakan untuk perencanaan dan penjadwalan aktivitas distribusi adalah dengan menggunakan DRP (Distribution Requirement Planning) dengan kebijakan order menggunakan EOQ (Economic Order Quantity). Dalam penelitian ini diperoleh total biaya yang optimum sebesar  10.842.825.000 Triliun dalam satu periode.

References

Alma, B. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Assauri,S. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Fakultas Ekonpmi Universitas Indonesia. Jakarta.

Bagchi,P. K and Larsen, T.S. 2002. Organizational Integration in Supply Chains : A Contingency Approach. Global Journal of Flexible Systems Management.

Barratt, M. 2004. Understanding the Meaning of Collaboration in the Supply Chain. Supply Chain Management: An International Journal; 9 (1).

Mattsson. 2003. Reorganization of distribution in globalization of markets: the dynamic context of supply chain management. Supply Chain Management: An International Journal, Vol. 8 Issue: 5.

Rangkuty, F. 2004. Manajemen Persediaan.Edisi Dua. Cetakan Keenam. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Richard J. Tersine. 1998. Principle Inventory and Material Management.

Soekartawi. 2001. Pengantar agroindustry. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta

Basu S, .2002.Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Liberty. Jakarta.

Biegel, J. E. 1992. Production Control. Prentice Hall of India Private Limited. New Delhi

Gaspersz, V. 1998. Manajemen produktivitas total : strategi peningkatan produktivitas bisnis global. Gramedia. Jakarta.

Handoko, T H. 2011. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Utama Putra, Z. R., Nur Utami, S., & Khotimah, K. (2024). Analisis Supply Chain Management ( SCM ) Produk Hasil Pertanian CV Minoruu Furusawa dengan Metode Distribution Requitment Planning ( DRP ). Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2.1171

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>