ANALISIS KINERJA PENYULUH PERTANIAN DAN KEPUASAN PETANI DALAM LAYANAN PENYULUHAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )

Authors

  • Tulus Ikhsani Universitas Muhadi Setiabudi
  • Suci Nur Utami Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhammad Juwanda Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khusnul Khotimah Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/agrivasi.v3i1.1308

Keywords:

Penyuluh, Petani, Importance And Performance Analysis (IPA), Customer Satification Index (CSI), Pelayanan Penyuluh

Abstract

Kinerja pelayanan penyuluh merupakan faktor yang penting dalam dunia pertanian, dimana penyuluh pertanian bekerja secara langsung dengan petani dengan laporan kerja sebagai angka kredit para penyuluh.  Tersedianya penyuluh di suatu desa tidak menjamin dapat memberikan hasil yang sama karena tergantung bagaimana penyuluh dapat memberikan kepuasan terhadap petani dengan kinerja yang dihasilkan. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan antara pelayanan yang dipikirkan terhadap hasil yang diharapkan. Jenis-jenis pelayanan penyuluhan pertanian yang dapat memuaskan petani seperti jasa informasi pertanian, jasa penerapan teknologi, jasa penumbuhan dan pembinaan kelembagaan petani, jasa pembimbingan, jasa pelatihan/kursus dan lain-lain. Peneletian ini dilakukan dengan menyebar 50 kuisioner dan dilakukan perhitungan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satification Index (CSI) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan petani terhadap pelayanan penyuluh pertanian. Hasil Perhitungan mendapatkan Scor 78,344 % menunjukan bahwa petani merasa puas dikarenakan skor berada pada rentan 66% - 80 %.

Kata Kunci : Penyuluh, Petani, Importance And Performance Analysis (IPA), Customer Satification Index (CSI), Pelayanan Penyuluh.

References

Abdullah, I. A. (2017). Manajemen Konferensi dan Event. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Alam, A. S., & Velayati, M. (2020). Tingkat Kepuasan Petani Padi Pandanwangi terhadap Kinerja Penyuluh Lapangan di Desa Babakankaret Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur. AGROSCIENCE (AGSCI), 10(1), 84. https://doi.org/10.35194/agsci.v10i1.973

Aria, R. A., Hasanuddin, T., & Prayitno, R. T. (2017). Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPPL) terhadap Keberhasilan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) di Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis (JIIA), 4(4), 430–436. https://doi.org/10.23960/jiia.v4i4.1526

Arifin, M. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Petani terhadap Kinerja Pelayanan Penyuluhan Pertanian. Agrica Ekstensia, 9(1), 40–49.

Aryan, A. (2019). Kepuasan Petani terhadap Kinerja PPL dalam Peningkatan Pendapatan Petani (Studi Kasus: Petani pada Desa Kerapuh, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Darma, A. R., Hasanuddin, T., & Prayitno, R. T. (2022). Peranan Penyuluh Pertanian Lapang dan Partisipasi Petani dalam Keberhasilan Program Upsus Pajale di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Journal of Agriculture and Social Development, 1(1), 1–7.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, M. I. (2002). Pokok Pokok Materi Metodologi Penelitian dari Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kardiana, K., Mutolib, A., Yanvika, H., Listiana, I., & Nurmayasari, I. (2020). Tingkat Efektivitas Penyuluh Pertanian di Kecamatab Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Agribisnis Terpadu, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.33512/jat.v13i1.7162

Listiawati, I. (2010). Analisis Tingkat Kepuasan Petani terhadap Kinerja Penyuluhan Lapang, di BP3K Wilayah Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Listyanto, M. E.D., Utami, S. N., dan Khotimah, K. 2023. Pengaruh Pelatihan terhadap Hasil Produksi Petani di Kecamatan Losari. J. Ekonomi. 14(1): 77 – 79.

Narso, Saleh, A., Asngari, P. S., & Muljono, dan P. (2018). Persepsi Penyuluh Pertanian Lapang tentang Perannya dalam Penyuluhan Pertanian Padi di Provinsi Banten. Jurnal Penyuluhan, 8(1), 92–102.

Permana, I. P. P., Sudarta, I. W., & Diarta, I. K. S. (2016). Persepsi Petani terhadap Kualitas Layanan Penyuluh Pertanian Lapangan (Kasus di Subak Durentaluh, Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan). E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 5(2), 449–459.

Prafithriasari, M., & Fathiyakan, G. (2017). Analisis Sikap dan Kepuasan Petani dalam Menggunakan Benih padi Varietas Lokal Pandanwangi (Studi Kasus di Desa Bunikasih dan Desa Tegallega Kecamatan Warungkodang). Jurnal Agroscience, 7(2), 290–299.

Putra Z. R. U, Utami S. N., Juwanda M., Khotimah K. 2023. Dampak alih fungsi lahan pertanian terhadap lingkungan, sosial dan ekonomi dengan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) di Desa Bangsri. Journal of Agribusiness and Community Development, 3(1): 220 – 227.

Ramadhan, R. H., Viantimala, B., & Silviyanti, S. (2019). Peranan Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) dalam Adopsi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Usahatani Padi Sawah di Kecamatan Seputih Raman. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 7(2), 162–167.

Sidharta, V., Tambunan, R. M., Azwar, & Ghaniyyu, A. (2021). Suatu Kajian: Pembangunan Pertanian Indonesia. KAIS: Kajian Ilmu Sosial, 2(2), 229–232.

Srimenganti, N., Nataliningsih, & Yunizar, E. Y. (2022). Analisis Kepuasan Petani terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang). PASPALUM: Jurnal Ilmiah Pertanian, 10(2), 165–179.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (11 ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 923–926.

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Ikhsani, T., Nur Utami, S., Juwanda, M., & Khotimah, K. (2024). ANALISIS KINERJA PENYULUH PERTANIAN DAN KEPUASAN PETANI DALAM LAYANAN PENYULUHAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA ). Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 3(1), 228–232. https://doi.org/10.46772/agrivasi.v3i1.1308

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>