Saluran Distribusi Pemasaran Jambu Kristal (Psidium guajava L.) di JT Farm Kabupaten Pemalang

Authors

  • Fatimatuz Zahroh Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khusnul Khotimah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhammad Juwanda Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2.1083

Keywords:

Crystal Guajava, JT Farm, Marketing Distribution Channels, Producers, Consumers

Abstract

Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di JT Farm Dusun Karangsuci Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Tujuan dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan untuk mengetahui dan mempelajari saluran distribusi pemasaran pada jambu kristal (psidium guajava L.) Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, terdapat dua saluran distribusi pemasaran di JT Farm yaitu saluran distribusi pemasaran I (produsen-konsumen) melalui outlet dengan nama kedai UpToYou, bazar, dan online (JT. FARM) yang digunakan untuk penyaluran distribusi secara langsung kepada konsumen, dan saluran distribusi pemasaran II (produsen-pengepul-konsumen). Berdasarkan margin penjualan, saluran distribusi yang paling efektif adalah saluran distribusi pemasaran I, karena keuntungan yang diperoleh pada saluran distribusi pemasaran I lebih besar dibandingkan pada saluran distribusi pemasaran II. Kendala dalam pemasaran jambu kristal adalah sifat produksi yang musiman dan produk yang mudah rusak serta belum adanya ketersediaan transportasi yang dapat menampung produk dalam jumlah besar. Solusi dari adanya permasalah ini yaitu melakukan pemangkasan tanaman agar memiliki umur panen yang berbeda-beda setiap pohonnya sehingga ketersediaan produk tetap terjaga dan melakukan inovasi pengolahan produk pada saat penjualan menurun serta mengalokasikan dana untuk menunjang transportasi pendistribusian produk yang dapat menampung produk dalam jumlah besar.

 

References

Mutiara, F., & Nurhantanto, D. A. 2017. Efektivitas jalur distribusi penjualan jeruk manis di kecamatan dau, kabupaten malang. Buana Sains, 16(2), 173–182.

Ramdhona, C., Rochdiani, D., & Setia, B. 2019. Analisis Kelayakan Usahatani Jambu Kristal ( Psidium Guajava L .) ( Studi Kasus Pada Pengembang Budidaya Jambu Kristal di Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis ). Jurnal Ilmiah Agroinfo Galuh, 6(3), 596–603.

Sari, B. N. 2021. Analisis Kelayakan Usahatani Jambu Kristal Di Kelurahan Kerinci Barat Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Skripsi, Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau. Pekanbaru. 1–146.

Setiawan, E., Febrianto, G., Mashuri, R., Harnadi, A., Ainur, M., Niken, A., Lestari, S., Hafidz, H., Rezki, N., Nur, H., Yasmin, S., Nasher, H., & Asari, F. 2021. Strategi Pengembangan Produk Jambu Kristal di Era New Normal. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 323.

Susilawati, B. S. 2020. Saluran Pemasaran Serundeng (Studi Kasus pada PT. Dinaya Sambiana Loemintoe di Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran). Jurnal Ilmiah Agroinfo Galuh, 7(1), 230-236.

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Fatimatuz, F. Z., Khotimah, K., & Juwanda, M. (2023). Saluran Distribusi Pemasaran Jambu Kristal (Psidium guajava L.) di JT Farm Kabupaten Pemalang . Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 2(2), 176–184. https://doi.org/10.46772/agrivasi.v2i2.1083

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)