Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Desa Sisalam Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes

Authors

  • Sarah Fauziah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Khusnul Khotimah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muhammad Dini Adita Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.46772/agrivasi.v4i1.1541

Keywords:

Kepuasan, Penyuluh Pertanian, Customer Satisfaction Index (CSI)

Abstract

Desa Sisalam merupakan salah satu desa terkecil keempat yang berada di Kecamatan Wanasari dengan luas wilayah 1,97 km persegi atau 2,64% dari total luas Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Mayoritas mata pencaharian masyarakat desa Sisalam adalah petani, jadi tidak heran jika terdapat penyuluh pertanian dan kelompok tani yang berperan aktif di dalamnya. Penyuluhan pertanian adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penyuluh pertanian kepada petani agar mereka mampu menjadi petani mandiri sesuai dengan harapan menteri pertanian. Diharapkan, para petani mampu mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi modern, permodalan, serta sumberdaya lainnya. Hasil penyuluhan ditentukan oleh tingkat kepuasan petani. Maka dari itu, penulis menggunakan metode Customer Satification Index (CSI) untuk menghitung tingkat kepuasan petani di Desa Sisalam. Kriteria nilai pada CSI dibagi menjadi 0% - 20% Sangat Tidak Puas, 20% - 40% Tidak Puas, 40% - 60% Cukup Puas, 60% - 80% Puas, serta 80% - 100% Sangat Puas. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa petani di desa Sisalam belum merasa puas atas penyuluhan yang diberikan penyuluh pertanian.

Kata kunci:  Customer Satification Index (CSI), Kepuasan, Petani, Penyuluh Pertanian

References

Arifin, M. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Pelayanan Penyuluh Pertanian (Studi Kasus di BP3K Kalibawang Kabupaten Kulon Progo, DIY. Jurnal Agrica Ekstensia 9(1): 40-49.

Laila Q. S. A. (2020). Bimbingan Teknis Olah Data SPSS 25 untuk Para Pegawai BKAD Kabupaten Majene.

Pertanian, K. (2020). Data Statistik Penyuluhan Pertanian.

Rangkuti, F. (2006). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ikhsani, T., Utami, S. N., Juwanda, M., & Khotimah, K. (2023). Analisis Kinerja Penyuluh Pertanian dan Kepuasan Petani dalam Layanan Penyuluhan dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 3(1), 228-232.

Uli N. A., H. A. (2022). Determinasi Kepuasan PElanggan: Analisis Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk. Literature Review Strategic Marketing Management.

Vintarno J., Sugandi Y.S, Adiwisastra J. (2019). Perkembangan Penyuluhan Pertanian dalam Mendukung Pertumbuhan Pertanian Indonesia. J. Responsive, 1(3): 90 - 96.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Sarah Fauziah, Khotimah, K., & Dini Adita, M. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Desa Sisalam Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Journal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS, 4(1), 311–315. https://doi.org/10.46772/agrivasi.v4i1.1541

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>